Barangkali Banyak yang Nyari hahahhaha

Ajar Post - ABSTRAK

Hayumahastuti, Ajar. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Geometri Terhadap Kemampuan Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 4 SDLB B/C Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si, (II) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum.


Kata kunci: Tunagrahita, Papan Flanel Geometri, Kemampuan Penjumlahan

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki hambatan dalam perkembangan kognitif dan bina diri. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita dengan IQ 50-75 yang masih bisa menerima pelajaran akademik di sekolah. Penjumlahan adalah salah satu dari ilmu hitung yang ada pada matematika yang artinya adalah menghitung jumlah bilangan satu dengan bilangan yang lain. Pembelajaran penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan sebaiknya menggunakan media pembelajaran agar memudahkan siswa untuk memahami penjumlahan, salah satuya adalah media papan flanel geometri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan adanya pengaruh sebelum dan sesudah digunakannya media pembelajaran papan flanel geometri terhadap kegiatan pembelajaran penjumlahan pada anak tunagrahita ringan (2) mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan anak tunagrahita ringan sebelum dan sesudah digunakannya media pembelajaran papan flanel geometri di SDLB B/C Kepanjen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen yang berjumlah 5 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika penjumlahan sedangkan analisis data menggunakan rumus uji t dengan Uji Paired Sample T-Test.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (1) ada pengaruh penggunaan media papan flanel geometri yaitu dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan (2) hasil belajar yang bersumber pada skor pre-test yaitu 54,0 dan skor post-test yang mencapai 88,0 yang menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini menunjukkan hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita dengan menggunakan media papan flanel geometri lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media papan flanel geometri. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan hasil nilai pre test dan post test yang meningkat dan keantusiasan siswa tunagrahita belajar penjumlahan dengan media papan flanel geometri. 
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen dan (2) adanya peningkatan hasil  belajar penjumlahan sebelum dan sesudah menggunakan media papan flanel geometri. Berdasarkan temuan penelitian, maka disarankan kepada guru agar menggunakan media papan flanel geometri dalam kegiatan pembelajaran penjumlahan untuk mengatasi kesulitan anak tunagrahita dalam pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Lidah : BACKBITING

Ceritanya Jadi Guru

Jones, Jomblo With Happiness