Apa sih Lesson Study?


 Apa sih Lesson Study?   

                Dari awal KPL sampai waktu lesson study H-1, aku nggak mudeng blas apa itu lesson study. Selama ini kemana aja sih Jar? Ya emang dasar akunya aja yang cuwek bebek, tiap hari ya pokoknya ngajar, buat RPP, buat media, hapean, eh pas giliran lesson study .. akunya lha lho lha lho. Eh ternyata lesson study ya gampang. Wkakakakak. Jadi lesson study itu gini : *simak baik-baik ya* Sebelum ngajar, kita buat RPP, kita buat media. Pokoknya materi harus disiapkan terlebih dahulu. Ada observer, observer itu yang nilai gimana cara ngajar kita.  Para observer itu adalah :
 Kepala sekolah, Guru Pamong, Dosen Pembimbing,dan partner mahasiswa / teman kita
-          Kita ngajar dari awal sampai akhir, mulai dari kegiatan awal sampai kegiatan penutup cara mengajar kita dinilai sama para observer. Jadi, kita harus tampil semaksimal mungkin. Karena ya ini ujiannya KPL.
Gampang kan?
Aku sih bilang gampang soalnya waktu lesson study, yang jadi observer cuma temenku aja. Hihihi.  Pokoknya gampang kalo kita menguasai materi apa yang kita ajarkan. Waktu itu, aku ngajar tema 3 pembelajaran 5 (Kurikulum 2013). Di pembelajaran 5, aku harus ngajar IPA dengan materi bunyi, bahasa Indonesia dengan materi kata baku dan tidak baku, dan PJO dengan materi bermain kasti. Bisa dibayangin gak aku ngajar 3 mata pelajaran yang dijadiin satu hanya dalam waktu 70 menit (2 x jam pembelajaran) . Untuk peserta didik SLB, 1 jam pelajaran itu hanya 35 menit – gak boleh lebih juga gak boleh kurang.
Bersyukur banget kebagian pembelajaran 5, kan harus ngajar materi tentang bunyi tuh nah kebetulan di ruang kelas itu ada drum. Alhamdulillah gak perlu susah susah buat media tentang bunyi. Di kelasku juga anak tunarungu jadi ya agak sulit lah kalo diajak belajar tentang bunyi. Hehehe.

                        
                 
(Kegiatan Lesson Study ku di kelas VII B  SLB B/C Kepanjen, Kab.Malang)

                Setiap kali aku ngajar, aku selalu sempatkan untuk melatih speech anak, jadi harus pelan-pelan dan jelas ketika menyebutkan atau menjelaskan sebuah kata. Misalkan dua, bibir harus bener bener moncong ke depan dan harus mangap semangap-mangapnya untuk membentuk suara u dan a. Sedangkan untuk huruf d, tangan sambil menepuk dada, dan berucap d. Ddduuuuuaaaaa. Seperti itulah kira-kira kalau dituliskan. Mengajar anak-anak berkebutuhan khusus memang tak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Asalkan kuncinya sabar dan telaten. Karena untuk mengucapkan kata dua, bisa menyita waktu hampir sepuluh menit dengan pengulangan yang tentunya berkali-kali.
                Di akhir cerita, akhirnyaaaa lesson study belajar dengan lancar ya kayak ngajar seperti biasanya gitulah. Alhamdulillah. Pokoknya satu, kita harus kuasai materi. Kalo udah nguasai materi, gampang deh buat ngajar. Ada tips nih biar lesson study mu berjalan dengan lancar :
1.       Siapkan materi yang akan diajarkan jauh-jauh hari
2.       Buat RPP dan media sebaik mungkin
3.       Kuasai materi sebelum mengajar
4.       Semua bahan harus sudah siap H-1
5.       Anggap mengajar seperti biasa
6.       Anggap kepala sekolah, guru pamong, dosen pembimbing, da teman sejawat sebagai angin lalu, biar gak grogi
7.       Berdoa
8.       Jangan lupa sarapan, kalau kelaparan ngajar pun jadi tak lancar
9.       Percaya diri
1.   Miliki suasana hati yang senang dan tenang pada hari H

Selamat mencoba :*


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Lidah : BACKBITING

Ceritanya Jadi Guru

Jones, Jomblo With Happiness